Tips Opor Ayam Tidak Cepat Basi

Masakan opor tetap jadi pilihan saya waktu lebaran buat di nikmati berbarengan keluarga besar. Ditambah lagi apabila di nikmati dengan lontong serta sambal korek. Hmm, melukiskannya saja telah bikin menelan ludah.

Jika anda masak opor dalam banyaknya banyak, ada sekian banyak tehnik yg dapat dipraktekkan supaya tidak basi waktu menyimpannya

1. Pilih kelapa tua yg fresh

Kelapa yg dimanfaatkan buat jadikan santan opor seharusnya ialah kelapa tua fresh. Seusai pilih kelapa yg sama dengan, parut kelapa sampai halus hingga gampang buat diperas. Selanjutnya, peras kelapa parut sampai jadi santan.

Buat membuahkan santan kental, peras kelapa parut dengan air panas atau hangat. Cara barusan juga dapat kurangi efek mengembangnya bakteri yg dapat buat masakan cepat basi. Sedang buat memeras santan cair, anda cukup gunakan air masak bersuhu area.

2. Masak sampai betul-betul masak

Usai memeras santan kelapa serta melembutkan bumbu-bumbu opor, tumis bumbu opor lebih dahulu sampai masak lalu tambahkan santan serta ayam. Apabila semua bahan telah dimasukkan, masak sampai opor mendidih. Selanjutnya, nantikan lebih kurang 10 menit supaya opor betul-betul masak serta santan menyusut dikit.

3. Hangatkan sebelum disantap

Tetap ada peluang opor tidak habis disantap lalu disimpan buat waktu makan seterusnya. Apabila opor dapat disantap kembali sore hari, seharusnya anda ingat buat menghangatkannya lebih dahulu. Tidak cuman meningkatkan kesenangan, menghangatkan opor jadi salah satunya teknik supaya jauhi basi.

4. Jauhi mengeduk seusai dihangatkan

Apabila anda tidak pingin melahap opor ini hari, cukup hangatkan opor kembali. Waktu menghangatkan, jangan mengaduk-aduk opor ayam dengan sendok sayur atau alat yang lain. Kontak dengan benda asing waktu menghangatkan dapat mepercepat opor ayam basi kedepannya.

5. Jangan tutup panci

Waktu menghangatkan kembali opor ayam, biarlah panci dalam kondisi terbuka. Dengan demikian, udara panas yg ada di panci bisa keluar hingga tidak bikin opor cepat basi. Seusai api dimatikan, biarlah suhu opor ayam turun dengan sendirinya sebelum disimpan.

6. Taruh di almari es

Kalaupun telah tidak lagi ada yg menyantapnya, taruh opor ayam ke freezer supaya tidak cepat basi. Sebelum dimasukkan ke freezer, opor ayam harus dihangatkan lebih dahulu, selanjutnya dibiarkan di suhu area sampai uap panasnya hilang. Kemudian, tuangkan opor ayam ke wadah kedap udara serta tambahkan ke freezer.

Seusai tahu tehnik ini, pastinya opor yg dapat diolah anda kelak dapat tahan lama. Jadi, ibaratnya lebaran sehari-hari, deh!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *