Tips Membuat Getuk Klasik yang Empuk dan Aneka Variasinya

Sangat banyak kudapan tradisionil Indonesia yg dibikin dari singkong. Antara lainnya yakni getuk. Rasa-rasanya manis serta teksturnya benar-benar empuk. Ditambah lagi disuguhkan dengan taburan kelapa parut kukus yg membuat jadi gurih.

Jadi kudapan tradisionil, banyak yg menyangka pengerjaan getuk itu ruwet serta perlu ketrampilan pribadi. Walau sebenarnya, getuk adalah salah satunya kudapan yg termudah dibikin sendiri. Bahkan juga anda yg masih pemula, tentu dapat membuat tiada tidak berhasil.

1. Singkong dikukus sampai empuk

Buat bikin getuk, baiknya pakailah singkong kukus ketimbang singkong rebus. Singkong kukus mempunyai struktur yg lembap, hingga lebih lengket serta ringan untuk dibikin adonan getuk. Tidak sama dengan singkong rebus yg condong lebih basah serta sedikit susah untuk dibikin adonan getuk yg padat.

Masukan singkong yg udah dipotong-potong serta dikupas kulitnya ke panci kukusan. Selanjutnya, kukus singkong seputar 20-25 menit sembari terkadang cek keempukannya dengan ditusuk garpu atau tusuk sate.

2. Buang serat singkong serta haluskan sampai lembut

Pada saat masih panas, singkong harus selekasnya diproses jadi getuk. Pertama, buang serat yg ada pada sisi tengah singkong. Selanjutnya, masukan singkong ke mangkok besar serta haluskan sampai lembut.

Anda dapat memakai alu atau ulekan batu untuk melembutkan singkong. Selain itu, untuk mangkuknya, baiknya pakai mangkok bahannya aluminium atau plastik tebal agar tidak pecah kala menumbuk singkong.

3. Kukus kelapa parut, selanjutnya untuk ke 2 wadah

Kelapa parut adalah salah satunya bahan penting buat bikin getuk. Kelapa parut memberi rasa gurih serta aroma ciri khas yg bikin getuk kian lezat.

Sebelum dicampurkan dengan beberapa bahan lain, kelapa parut ini dikukus dahulu agar teksturnya jadi lembut. Cukup dikukus saat 5 menit saja. Selanjutnya, untuk kelapa parut ke 2 wadah: 1 wadah untuk paduan serta 1 wadah untuk taburan.

Agar lebih efektif serta mengirit waktu, anda dapat juga mengukus kelapa parut berbarengan dengan singkong. Untuk kelapa parut jadi 2 wadah tahan panas, lalu masukan ke panci kukusan bersama-sama singkong. Sesudah 5 menit, kelapa parut dapat anda mengeluarkan.

4. Campur dan aduk singkong dengan kelapa parut, gula, serta garam sampai kalis

Sesudah singkong lembut serta kelapa parut dikukus, campur kedua-duanya ke mangkok besar serta kasih penambahan gula dan garam untuk perasa. Aduk semuanya bahan itu sampai rata serta jadi adonan yg kalis. Untuk mengaduknya, anda cukup memakai tangan saja agar dapat mendapat struktur yg sesuai.

5. Kasih pewarna sesuai dengan hasrat

Beberapa getuk dikasih penambahan pewarna makanan agar nampak menarik kala disediakan. Bila anda pingin getuk yg berwarna-warni, untuk adonan kalis jadi 2-3 sisi. Imbuhkan pewarna makanan yg berlainan untuk tiap bagiannya, lalu uleni kembali sampai pewarna tercampur sama rata.

6. Buat getuk sesuai dengan bentuk yg dikehendaki serta kasih taburan kelapa parut

Adonan getuk yg telah jadi, diciptakan ke wadah berupa sesuai dengan yg anda mau. Dapat berupa bintang, bunga, atau bahkan juga kotak biasa. Kala diciptakan, tekan-tekan adonan sampai padat serta tidak ada sisi cetakan yg kosong. Sesudah rata serta padat, mengeluarkan getuk dari cetakan serta sajikan di piring dengan taburan kelapa parut.

Bila tidak mempunyai cetakan beraneka macam, anda dapat manfaatkan kotak bekal makan. Padatkan adonan pada kotak bekal, mengeluarkan getuk, serta potong-potong berupa kotak. Ingat beri taburan kelapa parut kala disuguhkan.

Jenis getuk

Getuk mempunyai banyak jenis, di mulai dari bentuk, rasa, bahan basic, sampai langkah membuat. Di bawah ini yakni 3 jenis getuk yg cukup disukai banyak orang serta disukai.

1. Getuk lindri

Getuk lindri ini adalah salah satunya getuk yg ringan dikenali sebab mempunyai bentuk unik. Getuk lindri diciptakan secara digiling. Jadi, mempunyai bentuk seperti dengan gumpalan mie. Terkecuali itu, getuk lindri pula kebanyakan disediakan dalam banyak warna menarik seperti hijau muda serta merah muda.

2. Getuk goreng

Getuk goreng yakni jajanan ciri khas wilayah Sokaraja, Purwokerto, serta seputarnya. Dari namanya saja, telah nampak kan khasnya getuk ini? Ya, sesudah kalis, adonan getuk dibuat bulat-bulat, dibalur tepung beras, serta digoreng sampai kecoklatan. Getuk goreng ini tidak juga memakai gula pasir, akan tetapi gula merah yg disisir. Jadi, kala disantap, akan berasa gula merah yg lumer di mulut anda.

3. Getuk trio

Getuk trio dapat banyak anda dapatkan di wilayah Magelang serta seputarnya. Nama ‘trio’ sendiri diterima dari tampilan getuk ini, yg terdiri dalam 3 warna. Yakni coklat, pink, serta putih. Langkah bikin getuk trio ini hampir serupa dari getuk biasanya. Akan tetapi, 3 adonan getuk tidak sama warna ini sama-sama ditumpuk ke atas, di mulai dari coklat, merah muda, serta warna putih di paling bawah. Sesudah tercetak, getuk trio dipotong kotak-kotak.

Tidak cuman bahannya basic singkong, getuk pula dapat dibikin dengan bahan basic atau paduan pisang, ubi atau talas. Langkah membuat juga sama. Tapi semasing bahan basic akan memberi citarasa tertentu untuk getuk yg dibuat.

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *