Mengenal Umami, Pemberi Rasa Gurih pada Masakan Anda

Umami tidaklah slogan satu diantaranya brand penyedap rasa. Umami merupakan cita rasa ke-5 yang dikukuhkan sehabis asin, manis, pahit, serta asam. Nyata-nyatanya rasa ini terdapat alami dalam bermacam bahan makanan, lho.

Diperkenalkan tahun 1980, umami menimbulkan banyak gosip, dimulai dengan yang menimbulkan Chinese restaurant syndrome sampai pemanfaatan MSG. Seperti apa kenyataan memang umami?

1. Peristiwa Penemuan Umami

Prof Ikeda, profesor kenamaan Jepang dari Kampus Tokyo menemukannya rasa umami pada tahun 1908. Rasa ini merangsang terciptanya air liur serta bisa tahan lama di lidah.

Makna umami tercetus kala Prof Ikeda mempelajari elemen pada kombu atau ekstrak rumput laut Jepang. Umami sendiri datang dari kata umai serta mi yang bermakna “rasa gurih yang enak” dalam bahasa Jepang.

Tahun 1912, rasa umami dikenalkan dalam presentasi pengamatan Prof Ikeda di Chicago. Namun, baru tahun 1985, simposium internasional di Hawaii membuka rasa ini jadi rasa basic ke-5.

2. Formasi Umami

Prof Ikeda menemukannya jika tanggapan umami dipacu oleh glutamate bebas. Glutamate sebagai satu diantaranya asam amino yang dibutuhkan untuk membuat protein.

Memang badan bisa menghasilkan glutamate sendiri, lho. Tetapi konsumsi glutamate di luar terus dibutuhkan untuk cukupi kepentingan badan. Glutamat bebas saat ini dibuat dengan cara komersil seperti yang biasa kita mengenal jadi monosodium glutamate (MSG).

3. Rasa Ciri khas Umami

Menerangkan rasa umami memang dikit kompleks. Rasa umami tidak sama dengan rasa asin yang diibaratkan dengan garam atau rasa manis yang persis dengan gula.

Ada mitos yang berkembang jika rasa umami dapat diperoleh dengan mengkombinasikan gula serta garam. Walau sebenarnya rasa yang dibuat tidak sama dari uraian memang umami.

Umami lebih dekat atau persis dengan rasa gurih yang kita mengenal. Tinggi atau rendahnya rasa umami terkait reaksi glutamate dengan zat ditemuinya. Rasa umami paling tinggi dibuat kala glutamate berjumpa dengan asam ribonukleat.

Seperti rasa umami yang terwujud kala memakan daging (asam ribonukleat) dengan saus tomat (glutamate) dalam pasta bolognese.

4. Umami dalam Bahan Alami

Sejumlah besar makanan tinggi protein punya kandungan glutamate, seperti ikan, rumput laut, susu, serta daging.

Kandungan glutamate yang tinggi pun diketemukan pada tomat, jamur, keju, serta ASI. Bahkan juga nyata-nyatanya 50% ASI punya kandungan glutamate bebas. Dengan demikian, rasa umami disebut yaitu rasa pertama yang dikecap oleh bayi baru lahir.

Beberapa makanan ciri khas Indonesia seperti tauco, terasi, serta tempe lantas kaya kandungan glutamate.

Saat ini, anda telah ketahui kan terkait asal-usul rasa umami. Butuh diingat jika bahan makanan bakal aman kalau dikonsumsi dalam batas lumrah yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan berguna!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *