Mengenal Talas Ungu (Taro)

Mungkin anda seringkali merasa tulisa taro pada pilihan rasa minuman dan makanan. Seperti kue cubit rasa taro, bubble tea taro, atau es cream rasa taro.

Taro yakni type umbi yang berwarna ungu. Kerapkali, banyak yang merasa bila taro yakni ubi ungu. Akan tetapi, taro tidak sama dengan ubi ungu yang kita tahu, lho.

1. Apa Itu Taro?

Taro atau talas ungu sebagai salah satunya tanaman umbi akar. Dalam sehari-hari talas ungu lebih diketahui dengan talas pontianak. Warna ungu pada daging yang padat serta besar, membuat talas ungu banyak disukai. Talas ungu banyak tumbuh pada sisi India selatan serta Asia selatan, terhitung Indonesia.

2. Rasa serta struktur

Rasa serta struktur talas ungu hampir mendekati dengan kentang, berpati akan tetapi lebih manis. Talas ungu tidak sama dengan type yang lain lantaran punyai rasa seperti kacang (nutty) serta vanilla dengan cara bertepatan.

Struktur talas ungu tidaklah terlalu pulen seperti talas yang lain, namun beraroma ciri khas serta wangi. Karenanya kenapa taro seringkali jadikan bahan pemberi citarasa.

3. Trik Menentukan

Agar dapatkan talas yang bagus serta enak kita harus tahu caranya. Cari talas yang punyai berat sesuai sama ukuran. Kalau berat talas lebih mudah dari ukurannya peluang talas telah kering.

Pilih talas yang bersih dari lumpur serta bebas dari bintik-bintik hitam. Seterusnya, tetapkan talas ungu dengan struktur yang baik, kalau berasa lembek seharusnya jangan diambil.

4. Trik Produksi

Waktu bersihkan talas, anda harus waspada lantaran getah talas membuat gatal pada kulit. Jadi, pegang sisi atas batang saja atau pakai sarung tangan plastik waktu kupas kulitnya.

Tidak cuman di kulit tangan, konsumsi talas dapat juga tinggalkan gatal di mulut serta tenggorokan karena pemrosesan yang kurang pas. Buat turunkan rasa gatal, rendam talas yang telah dipotong-potong dalam larutan air garam saat 20 menit.

Talas bisa diproses melalui cara pengukusan, perebusan, serta pemanggangan. Terkecuali itu, anda dapat juga membuat minuman dan makanan lezat serta ringan seperti, taro bubble tea, yogurt serta frozen yogurt, taro buns, taro cake, pudding, macaroon, kue cubit serta lapis bogor.

Sudahlah cukup jelas kan ya, bila taro itu tidak ubi ungu. Namun talas ungu, lho. Macam olahannya juga tidak kalah menarik ketimbang ubi ungu. Jadi, olahan dari taro apa sebagai idola anda?

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *