Mengenal Black Garlic: Bawang Putih Hasil Fermentasi

Sekarang ini, black garlic atau bawang putih fermentasi yang berwarna hitam tengah hits serta diklaim jadi makanan sehat. Sesaat seperti bawang putih yang telah rusak serta busuk. Tapi, sebetulnya warna hitam itu dibuat proses dari fermentasi.

Black garlic tenar dapat segudang faedah. Bawang ini diklaim dapat turunkan cholesterol, tinggi anti-oksidan, menghambat kanker, serta menambah metode imun. Sebelum terbujuk buat coba, sebaiknya anda kenali dahulu kenyataan tentang black garlic ini.

1. Apa Itu Black Garlic?

Black garlic merupakan bawang putih fresh yang sudah alami proses fermentasi. Lamanya fermentasi bergantung pada arah serta alat yang diperlukan. Proses itu mengubah warna bawang dari putih berubah menjadi hitam.

Proses fermentasi itu membuat black garlic memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Tidak menusuk seperti bawang putih, aroma black garlic condong lemah. Tapi, black garlic mempunyai rasa yang lebih manis dengan struktur yang kenyal.

2. Riwayat Black Garlic

Tidak tentu dimana sebetulnya wilayah asal black garlic. Tetapi, bawang ini telah dikonsumsi semenjak 4.000 tahun waktu lalu di Thailand, Korea Selatan, serta Jepang.

Black garlic lantas mulai terkenal sampai ke Taiwan serta beberapa negara Asia yang lain. Sampai selanjutnya banyak koki bawa mode bahan ini ke Eropa serta Amerika. Mereka memberi tambahan black garlic pada ayam, ikan, sup serta risotto.

3. Membuat Black Garlic

Membuat black garlic amatlah simpel, tetapi diperlukan kesabaran, ya. Dikarenakan, proses fermentasi memerlukan waktu beberapa hari.

Menurut langkah aslinya, bawang difermentasi pada wadah bertutup serta disimpan pada wilayah lembab dengan suhu 60 – 77ºC. Penyimpanan itu dijalankan sepanjang 30-90 hari.

Tapi, anda dapat juga buat sendiri dalam rumah, lho. Metodenya dengan gunakan rice cooker. Pertama, alasi panci rice cooker dengan tisu. Lantas, tata bawang putih di atasnya. Tutup bawang putih itu dengan lap basah. Paling akhir, mengatur rice cooker pada tempat “warm” serta biarlah 14-40 hari.

4. Menaruh Black Garlic

Black garlic benar-benar rawan pada bakteri serta jamur. Dengan demikian harus disimpan secara benar.

Black garlic bisa bertahan 6 bulan di kulkas, dengan catatan disimpan dalam wadah kering serta kedap udara. Bila pingin lebih lama, dapat disimpan dalam freezer. Dan bila disimpan dalam ruangan terbuka, black garlic cuma bisa bertahan kurang lebih 1 minggu saja.

5. Bermacam Masakan dengan Black Garlic

Black garlic yang mempunyai rasa manis serta fresh ini pas diproses jadi masakan apa pun. Ditambah lagi bila masakan itu pingin menonjolkan rasa manis yang fresh.

Jadi contoh, imbuhkan sayatan black garlic pada daging panggang, saus salad, sup, atau tumisan. Hasilnya, masakan semakin lebih kaya rasa serta unik. Roti panggang serta olive oil juga akan merasa manis karena ada black garlic.

Tidak ada kelirunya coba buat black garlic, kan. Sehat, enak, serta benar-benar simpel dibikin. Atau juga juga bisa jadikan kesempatan usaha healthy food homemade. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *