Cara Membuat Fondant Dasar Homemade

Semenjak kemarin saya hoby hiasi kue. Berasal dari whipped krim, saya coba berganti hiasi gunakan fondant. Nyata-nyatanya memang praktis serta serbaguna! Nah, tidak cuman fondant instant yang berada di market, sebetulnya kita dapat dibikin sendiri di dalam rumah, lho.

Ada beberapa resep fondant homemade dimulai dari memiliki bahan coklat, buttercream, serta marshmellow. Akan tetapi saya lebih sukai resep fondant basic (basic fondant). Meski cukup susah buat dapatkan berbahan, tetapi basic fondant lebih halus serta lembut. Baca berikut ini metode membuat, ya!

1. Sediakan Bahan serta Alat

Bahan buat membuat fondant tidak umum didapati di dapur. Dengan demikian, mesti serius disediakan. Bahan itu merupakan 250 ml gula cair, 250 ml susu, 1 sumber daya manusia esens vanila, 2 sumber daya manusia gliserin kue, 1.5 sumber daya manusia (2 sachet) gelatin bubuk halal, 2 sumber daya manusia shortening, serta 1.8 kg gula halus.

Bila anda miliki standing mixer, semakin lebih gampang mengolahnya. Akan tetapi apabila tidak ada, anda dapat aduk dengan tangan. Jadi sediakan tenaga buat aduk adonan, ya!

2. Campurlah Bahan Berurutan

Saran gelatin dalam susu, aduk sampai larut. Lalu, panasi saat 30 detik-1 menit di atas kompor.

Pada wadah terpisah, aduk gula cair, shortening, gliserin, dan esens vanila. melakukan sampai bahan tercampur rata. Lalu, saran cairan susu serta gliserin ke dalamnya. Aduk kembali sampai seluruhnya larut prima.

3. Campur dengan Gula Halus

Disamping itu, ayak gula pasir dengan perlahan-lahan. Jangan pernah ada bongkahan gula kasar turut tercampur, ya! Karena dapat pengaruhi rasa dari fondant. Lalu buat lubang ditengah-tengah gula pasir. Lalu, tambahkan paduan cairan bahan awal. Aduk adonan itu sampai tidak lengket.

4. Uleni Sampai Kalis

Uleni adonan kira-kira 20-35 menit sampai kalis. Waktu serta banting adonan, lalu taburi dikit maizena supaya tangan tidak lengket. Tekan terus adonan sampai lembut, lentur, tidak patah, dan tidak lengket.

Jadi panduan, bila adonan di rasakan begitu lembut imbuhkan gula pasir. Sebaliknya, apabila adonan begitu keras jadi imbuhkan air. Menambahkan dilaksanakan dengan perlahan-lahan serta dikit demi sedikit, ya!

5. Taruh di Wadah Tertutup

Adonan siap diperlukan atau disimpan waktu udah lembut serta tidak lengket. Terkecuali itu, warna adonan mesti rata, tidak bergerindil, dan halus.

Gulung adonan dengan plastic wrap, lalu tempatkan dalam wadah tertutup. Taruh fondant pada area kering serta sejuk. Jangan disimpan dalam kulkas! Karena, fondant dapat keras dan berkeringat. Fondant kuat disimpan di suhu ruangan saat 10 jam. Lebih dari itu, fondant dapat bergeser waktu digunakan.

Fondant yang anda bikin dapat diwarnai sesuka hati, lho! Begitu praktis serta serbaguna buat hias kue buat keluarga tersayang. Selamat berkreasi!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *