Apa Bedanya? Gado-gado vs Karedok

Tempo hari sehabis keliling cari makan, rekan saya mendadak menyoalkan apa perbedaannya gado-gado dengan karedok. Sepintas ke-2 makanan ini kelihatan sama juga, beberapa sayur serta bumbu kacang. Sampai kadangkala juga sang penjual merangkap jadi penjual gado-gado ataupun karedok. Membuat bertambah bingung kan?

Sebetulnya ada tidak serupa pada gado-gado serta karedok. Tersebut apakah saja ketidaksamaan di antara gado-gado serta karedok

1. Wilayah asal

Gado-gado adalah salah satunya makanan unik Betawi atau kota Jakarta. Karena itu tidak susah untuk anda yang tinggal di Jakarta buat memperoleh gado-gado. Dan karedok adalah salah satunya makanan Sunda atau Jawa Barat. Sampai-sampai kalau anda makan siang di restoran sunda anda pasti memperoleh karedok dalam daftar menu mereka.

2. Sayur yang dipakai

Ketidaksamaan yang paling kelihatan dari gado-gado serta karedok terdapat di sayuran yang dipakai. Sayuran dalam gado-gado rata-rata yakni tauge, kol, kentang, wortel, daun selada, kacang panjang. bayam, serta kangkung. Pemrosesan sayuran dalam gado-gado dengan merebus semua sayuran yang awal mulanya telah dipotong-potong sebesar 2 ruas jari atau kurang lebih 3 cm.

Dan sayuran yang ada pada karedok di antaranya, tauge, kol, timun, kacang panjang, daun kemangi serta terong bundar hijau. Terong bundar hijau adalah salah satunya sayur yang perlu ada kalau anda bakal memasak karedok. Sayuran pada karedok tidak diproses selanjutnya, cuma dicuci bersih serta diyakinkan tidak ada kotoran. Lalu, sayuran dipotong jadi kecil-kecil supaya ringan dikonsumsi.

3. Penambahan sumber protein

Kecuali sayuran, dalam gado-gado ada penambahan sumber protein. Rata-rata anda bakal menemukannya tahu serta tempe goreng yang telah dipotong-potong dan telur rebus potong. Tetapi, di sejumlah pedagang gado-gado merubah telur rebus bundar dengan putih telur rebus saja.Dan kalau anda konsumsi karedok tidak ada penambahan sumber protein yang ada, anda cuma memperoleh sayur-sayuran.

4. Bumbu Kacang

Bumbu kacang gado-gado lebih kental serta lebih manis dan warna bumbu kacangnya lebih pekat. Kadang-kadang bumbu kacangnya juga ditambah santan supaya lebih gurih serta pemanfaatan terasi jadi opsional di bumbu kacang gado-gado. Di lain bagian, bumbu kacang karedok lebih cair serta memakai kencur dalam bumbu dasarnya supaya lebih fresh dan berwarna lebih muda lantaran penambahan air yang rada banyak.

Ya, itu ia ketidaksamaan gado-gado dengan karedok. Anda tidak usah bingung mana yang bakal anda pilih waktu menemukannya warung gado-gado serta karedok kalau bersisihan. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *