Apa Bedanya? Ayam Penyet vs Ayam Gepuk vs Ayam Geprek

Sambal serta ayam merupakan gabungan pujaan banyak orang termasuk juga saya. Tidak sekedar enak, santapan ayam dengan sambal pun praktis serta harga begitu bisa dijangkau.

Sekarang, trend masakan ayam berbaur sambal tengah berkembang begitu sangat cepat. Varian seperti ayam geprek keju, ayam gepuk tulang lunak, sampai ayam penyet sambal matah lantas tentu sudah seringkali anda lihat bahkan juga coba. Sesungguhnya apa perbedaannya di antara ke-tiga type olahan ini?

1. Asal Masukan

Ke-tiga type olahan ayam itu adalah makanan asli Indonesia. Ayam geprek adalah makanan ciri khas Yogyakarta yg dapat anda dapatkan hampir di selama jalan. Terkenalnya ayam geprek diawali dari dagangan kaki lima serta banyak di seputar universitas sebab harga yg murah. Walaupun baru hits waktu terakhir ini, nyatanya olahan ayam geprek udah ada mulai sejak era kolonial Belanda, lho!

Ada olahan ayam berbaur sambal yg tidak kalah viral, yakni ayam gepuk. Ayam gepuk mulai diketahui orang mulai sejak jadikan menu makanan oleh satu franchise. Awalnya cuma berada di Jakarta namun sekarang warung ayam gepuk hampir berada di semua Indonesia.

Lalu ayam penyet dari tempat mana? Ayam penyet merupakan masakan ciri khas Surabaya yg disediakan dengan penambahan lalapan, tahu, serta tempe goreng. Baik ayam geprek, ayam penyet, ataupun ayam gepuk, udah tenar sampai ke negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei, Filipina serta Singapura.

2. Proses Pengerjaan

Pemrosesan daging ayam penyet serta ayam gepuk sesungguhnya sama, yakni diungkep dengan bumbu kuning. Tetapi bedanya terdapat ketika akan menggoreng. Sesudah diungkep, daging ayam gepuk dipukul-pukul dulu sampai pipih baru digoreng. Dan ayam penyet langsung digoreng serta baru dipukul (dipenyet) ketika daging ayam udah masak.

Nah, lain perihalnya dengan ayam geprek. Daging ayam geprek tidak lewat proses diungkep namun di gabung dengan tepung krispi lalu digoreng. Oleh sebab itu daging ayam geprek akan bertesktur lebih renyah ketimbang dengan ayam gepuk serta ayam penyet.

3. Penyajian serta Sambal

Seperti namanya, ayam geprek akan digeprek gunakan ulekan di atas cobek sampai hancur serta di gabung dengan sambal bawang yg banyaknya cabainya dapat diambil sendiri. Ayam geprek yg tenar saat ini umumnya dikasih penambahan topping seperti keju mozarella atau keju parut.

Sambal bawang pun dipakai oleh ayam gepuk, akan tetapi sambal itu tidak dicampurkan cuma ditempatkan di atas ayam saja. Bagaimana dengan ayam penyet? Seperti yg udah diterangkan, ayam penyet digoreng terlebih dulu baru dipenyet (ditekan-tekan) sampai pipih. Sambal yg dipakai merupakan sambal merah serta disediakan ditepi ayam bersama dengan tahu, tempe dan lalapan.

Saat ini telah ketahui perbedaannya, kan? Ketiganya memang saling enak, pedas, serta menggugah hasrat. Namun, jika saya pribadi lebih suka pada ayam geprek sebab penambahan kejunya membuat daging ayam lebih merasa gurih. Jika anda?

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *