7 Tips Membuat Kue Kembang Goyang yang Renyah & Berbentuk Cantik

Saya ingat benar, salah satunya makanan ringan Lebaran yang saya bikin sendiri kali pertama yaitu kue kembang goyang. Sebelumnya, saya terhasut buat membuat sebab bentuk cetakannya yang menarik. Namun sesudah kuenya jadi, nyatanya rasa-rasanya manis serta amat renyah. Pada akhirnya, saya tak pernah tidak hadir bikin kue kembang goyang deh tiap Lebaran.

Kue kembang goyang siap makan memang banyak dipasarkan. Tapi, saya jamin hasil sendiri rasa-rasanya tentunya lebih nikmat. Soalnya, lebih bersih serta tak buat tenggorokan gatal sesudah menyantapnya.

1. Sediakan cetakan kembang goyang

Bentuk dari kembang goyang yang cantik tak dibuat gunakan tangan, lho. Tapi memakai cetakan teristimewa. Cetakan ini miliki bentuk bunga yang bermacam, dari mulai yang biasa sampai yang bersusun.

2. Pakai 3 type tepung dan santan jadi pencair adonan

Buat membuahkan kembang goyang yang renyah, anda tak dapat cuma memakai 1 type tepung saja. Anda harus mencampurkan tepung beras, tepung terigu, serta tapioka jadi bahan basic adonan kembang goyang.

Ke-3 type tepung ini dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti telur, gula, serta vanili. Lantas, imbuhkan santan buat mencairkan adonan serta aduk sampai tercampur rata. Sebab telah memakai santan, anda tidak usah memberi tambahan air, ya.

3. Saring adonan sebelum digoreng

Adonan buat kembang goyang harus betul-betul halus dan tak bergerindil biar hasilnya garing serta renyah. Jadi, meskipun telah meyakini udah mengeduk rata adonan secara baik, anda butuh buat masih menyaring adonan.

Anda cukup memakai saringan kawat halus yang berlubang kecil. Kala disaring, janganlah lupa buat dikit mendesak adonan biar tak ada yang bergerindil. Kerjakan sampai seluruhnya adonan telah tersaring.

4. Celupkan cetakan ke minyak panas sebelum mulai menggoreng

Sebelum diperlukan buat membuat, celupkan terlebih dulu cetakan kembang goyang ke minyak panas. Ini dapat bikin cetakan jadi terlapisi serta tak lengket. Jadi, kedepannya kembang goyang bisa lepas dengan simpel dari cetakan serta berupa rapi.

5. Cukup celupkan cetakan ke adonan sisi atas; jangan sempat terbenam

Cetakan yang telah terlapisi minyak, lantas direndam ke adonan kembang goyang. Mencelupkannya jangan begitu dalam, ditambah lagi hingga sampai terbenam, ya. Cukup dibagian atas adonan saja, hingga sampai seluruhnya sisi cetakan tertutup adonan.

Angkat cetakan dari adonan. Lalu, nantikan tidak lama hingga sampai kelebihan adonan telah berhenti menetes. Baru lantas adonan siap digoreng.

6. Goyang-goyangkan cetakan dalam minyak sampai adonan terlepas

Nama kembang goyang sendiri datang dari metode menggoreng kue ini. Saat cetakan berbalut adonan masuk ke minyak panas, cetakan digoyang-goyangkan ke kanan serta kiri buat melepas adonan. Menggoyahkan cetakannya cukup pelan-pelan saja ya, biar kue tak hancur.

7. Goreng sampai kecoklatan serta taruh di wadah tertutup

Goreng kue kembang goyang sampai kecoklatan di atas api sedang. Kala menggoreng, yakinkan wajan tidaklah terlalu penuh biar kue bisa masak dengan sama rata.

Mengulangi proses menggoreng ini sampai seluruhnya adonan habis. Sesudah semua tuntas digoreng, tiriskan minyak yang tertinggal serta taruh kue kembang goyang dalam wadah tertutup biar masih garing dan renyah.

Kue kembang goyang ini ada kemungkinan salah satunya santapan makanan ringan buat Lebaran kelak. Membuat simpel, praktis, serta dapat dicicil dari beberapa hari. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *