7 Tips Membuat Kacang Bawang yang Gurih, Tidak Pahit, dan Istimewa

Kacang sebagai makanan ringan yang tidak sempat bikin jadi bosan. Untuk lihat bola, melakukan pekerjaan, sampai untuk kudapan waktu Lebaran. Satu diantaranya olahan kacang yang paling favorite jadikan makanan ringan yakni kacang bawang.

Saya mengaku, membuat kacang bawang memang tidak susah sekali-kali. Tetapi, ada trik-trik pribadi yang dapat membuat kacang bawang berasa lebih gurih serta tidak pahit sekali-kali. Terkecuali itu, aroma bawangnya pula jadi begitu terasa enak.

1. Pakai kacang tanah yang udah dikupas

Kacang tanah sebagai bahan khusus dari kacang bawang. Agar proses pengerjaan kacang bawang lebih praktis, anda semestinya memakai kacang tanah yang udah dikupas sampai kulit arinya.

Kacang tanah kupas ini dapat anda peroleh dengan ringan kok, baik curah atau dalam paket bermerk. Sebelum diproses, kacang tanah ingat untuk dicuci bersih lebih dahulu untuk menyingkirkan kotoran yang ada.

2. Sediakan bawang putih yang dihaluskan serta yang di iris tipis

Buat bikin kacang bawang, anda perlu bawang putih dalam 2 bentuk. Ialah bawang putih yang dihaluskan serta yang di iris tipis. Bawang putih halus akan dimanfaatkan untuk bumbu rendaman kacang tanah, dan bawang putih yang di iris tipis akan digoreng kering serta jadikan kombinasi kacang.

3. Rebus santan bersama dengan bawang putih halus sampai mendidih

Kacang bawang lezat punyai rasa gurih serta bawang yang sungguh-sungguh meresap sampai ke kacang. Kacang bawang hasil anda bisa juga selezat ini lewat cara membuat bumbu rendaman untuk kacang dari santan serta bawang putih.

Tuang santan ke panci serta imbuhkan bawang putih halus, gula, dan garam. Aduk rata santan serta bumbu-bumbu, setelah itu rebus sampai santan mendidih.

4. Rendam kacang tanah dalam bumbu santan

Kacang tanah yang udah bersih, dimasukkan ke bumbu santan serta diaduk rata. Diamkan kacang terbenang saat seputar 5-10 menit. Merendam kacang tanah dalam bumbu santan ini akan membuat rasa bawang serta gurih sungguh-sungguh meresap. Seusai di rasa cukup, tiriskan kacang sampai kering.

5. Goreng potongan bawang putih sampai kering

Yang kali pertama digoreng waktu membuat kacang bawang yakni potongan bawang putih. Maksudnya yakni agar aroma bawang putih bisa bercampur ke minyak serta membuat kacang goreng jadi lebih enak.

Goreng potongan bawang putih dalam minyak panas yang lumayan banyak. Saat digoreng, anda mesti rajin-rajin mengaduknya agar tidak gosong. Sekejap warna bawang putih beralih kecoklatan, langsung angkat serta tiriskan sampai minyaknya habis.

6. Goreng kacang tanah dengan minyak sisa goreng bawang putih

Seusai semuanya potongan bawang putih digoreng, langsung tambahkan kacang tanah ke minyak yang sama serta goreng sampai warnanya beralih kekuningan. Selekasnya angkat kacang tanah serta tiriskan di atas wadah beralaskan koran.

Proses pemasakan kacang tanah masih bersambung, walaupun udah diambil dari minyak. Jadi, jangan lantas anda menggoreng kacang tanah sampai warnanya coklat. Lantaran, kelak seusai diangkat, warnanya akan menjadi gosong serta rasa-rasanya pahit.

7. Campur kacang goreng serta bawang putih goreng; taruh dalam stoples

Kacang goreng serta bawang putih goreng yang udah ditiriskan, setelah itu di gabung serta diaduk-aduk agar bawang putih gorengnya menyebar rata. Seusai di rasa suhunya udah dingin, tambahkan kacang bawang ke stoples yang kedap udara, dengan segel karet pada penutupnya hingga udara ditanggung tidak masuk serta membuat kacang bawang melembek.

Tahukan anda jika ada langkah unik untuk melahap kacang bawang. Ialah mencampurkannya dengan tape ketan. Rasa manis dari tape ketan bersatu prima dengan rasa gurih dari kacang bawang serta membuahkan citarasa yang unik sekali. Pantas untuk dicoba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *