6 Cara Merebus Kerang Agar Tidak Amis dan Tidak Alot

Kalau anda penggemar seafood tentunya kerang berubah menjadi satu diantaranya sajian paling disenangi. Tidak cuman teksturnya yang kenyal, gurihnya kerang juga tidak ada duanya. Umumnya orang lebih pilih pesan kerang di warung seafood lantaran tidak amis serta tidak alot.

Walaupun sebenarnya, tidak susah buat produksi kerang sendiri dengan hasil yang tidak amis serta tidak alot. Baca tips-nya di bawah ini!

1. Pilih Kerang yang Fresh

Kala beli anda butuh meyakinkan kalau kerang masih fresh. Kerang yang masih fresh mempunyai ciri, tidak bau, tidak berlendir, serta cangkangnya masih tertutup erat tidak terbuka. Jika anda pilih kerang kupas, pilih yang fresh serta warna yang alami.

2. Membersihkan Kerang

Cangkang kerang yang bakal dibuat mesti dibikin bersih lebih dahulu. Bersihkan cangkang dengan air mengalir. Lalu sikat cangkang hingga kotoran serta lumpur yang melekat hilang. Jika tidak bersih, rasa kerang dapat beralih.

3. Rendam Kerang dengan Perasan Air Jeruk

Agar tidak amis, rendam kerang dalam perasan jeruk nipis atau lemon. Rendam kerang saat 30 menit serta tutup wadah dengan rapat. Usai di rendam, bersihkan serta basuh bersih kerang.

4. Rebus Kerang dengan Bumbu

Bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang merah, serai, serta daun jeruk bisa turunkan berbau amis pada kerang. Anda dapat pilih salah di antara satu dari beberapa bumbu.

Jahe yang udah dipotong kecil-kecil dimasukkan di air rebusan. Atau bawang putih atau bawang merah cincang yang di taburkan ke atas kerang. Dan daun jeruk serta serai yang udah dimemarkan langsung dimasukkan di air.

5. Pakai Api Tengah serta Jangan Masak Terlampau Lama

Kala merebus kerang pakai api tengah, agar daging kerang masak rata serta tidak alot. Jika cangkang kerang udah buka, lekas matikan api. Memasak masak kerang cuma 4 menit. Jika kelamaan merebus kerang, bakal bikin daging berubah menjadi alot serta mengkerut.

Perebusan kerang semestinya memanfaatkan saute pan supaya atau wajan anti lengket supaya lebih ringan mengaduknya.

6. Jangan Membuka Tutup Wajan

Saat perebusan kerang anda mesti tutup wajan. Supaya kerang masak utuh dengan prima. Tidak ada kerang yang keras atau terlampau lunak. Tutup wajan bakal menopang menaikkan uap panas di wajan serta bikin kerang cepat masak.

Tutup wajan saat 4 menit sebelum buka wajan serta angkat kerang. Jika anda tutup serta buka wajan terus-terusan bakal mengganggu desakan udara dalam wajan. Jika takut bumbu tidak rata serta gosong, goyangkan wajan saja.

Tidak cuman digodog kerang bisa juga diproses dengan beberapa metode. Kerang dapat dikukus, dipanggang, atau ditumis. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *