6 Aneka Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Cocok Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

Karbohidrat ialah sumber kekuatan yang penting untuk badan. Bahkan juga karbohidrat ialah cuma satu sumber gizi yang memberi supply kekuatan ke otak. Oleh karenanya, konsumsi karbohidrat yang imbang pada makanan sehati-hari amatlah penting serta tak bisa dilupakan.

Buat orang Indonesia, sumber karbohidrat sama juga dengan nasi. Bahkan juga ada pernyataan lama kalau ‘belum makan jika gak bersua nasi’. Meski sebenarnya ada banyak sumber karbohidrat yang dapat ditemui serta simpel dibeli di Indonesia, mulai berbahan pangan lokal sampai produk industri.

1. Kentang

Tidak hanya rasa-rasanya yang enak, nyata-nyatanya kentang dapat juga jadikan pilihan alternatif nasi, lho. Sebab kentang memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi. Asyiknya , kentang dapat diproses berubah menjadi bermacam makanan lezat seperti mashed potatoes, baked potato dengan bermacam topping, sup kentang, sampai potato balls.

2. Jagung

Siapa sich yang tak senang jagung? Rasa-rasanya yang manis serta teksturnya yang renyah selamanya berubah menjadi pujaan beberapa orang. Ditambah lagi jagung pun kaya karbohidrat yang memberi dampak kenyang. Terkecuali itu, jagung dapat memberi citarasa lezat meskipun diproses simple, seperti dikukus atau di rebus saja. Ditambah lagi bila ditambah susu kental manis serta keju. Hmm, juara!

3. Singkong

Nyata-nyatanya, singkong dapat juga jadikan pilihan alternatif nasi, lho. Tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat, singkong pun tinggi serat, jadi benar-benar sesuai dikonsumsi untuk sahur atau buka puasa. Singkong yang anda miliki dapat diproses berubah menjadi singkong rebus, singkong goreng, gethuk, tiwul, serta terdapat banyak yang lain.

4. Ubi

Tidak hanya singkong, ubi pun sesuai jadikan makanan inti. Rasa ubi yang manis dengan struktur yang pulen tentunya tidak bikin jadi bosan. Meskipun ubi sudah enak hanya cukup di rebus saja, namun anda dapat berkreasi berubah menjadi beberapa resep seperti klepon, bolu kukus ubi, serta bola-bola ubi,

5. Oatmeal

Sampai kini, oatmeal populer sebab khasiatnya yang benar-benar baik dalam turunkan cholesterol. Enak serta mengenyangkan, sehat juga! Oatmeal dapat di nikmati dengan bermacam topping seperti yogurt, sayatan buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan juga suwiran daging atau abon sesuai sama hasrat.

6. Pasta

Pasta tidak sekedar dapat di nikmati waktu dine-in atau jamuan spesial. Anda dapat konsumsi pasta untuk menukar nasi jadi makanan inti sampai kini. Style pasta lantas beragam variasi. Ada makaroni, spaghetti, fusilli, lasagna, dan sebagainya. Bahan pembuat pasta pun bermacam, dari mulai tepung gandum sampai gandum utuh yang dapat anda pilih. Udah teringat kan, kesenangan makan anda keseharian dengan pasta?

Bulan puasa lewat cara automatic akan batasi konsumsi makanan yang masuk. Dengan demikian, kita mesti selektif waktu makan makanan. Tidak hanya sesuai sama hasrat, anda pun mesti pikirkanlah fungsi dari kandungan gizinya. Gak kecuali untuk makanan inti atau sumber karbohidrat. Bila pada sebuah bagian hidangan karbo lain, anda dapat kalori lebih rendah juga sekaligus serat serta protein yang tambah tinggi ketimbang nasi. Mengapa tak dicoba?

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *