6 Aneka Kopi Nusantara Yang Sering Dikonsumsi

Habiskan waktu di coffee shop udah berubah menjadi perihal biasa saat ini. Kecuali tempatnya yang nyaman untuk berdiskusi, menu kopi yang disiapkan juga beraneka. Tidak hanya kopi luar negeri, bahkan juga coffee shop yang jual macam kopi Nusantara pun bertambah banyak. Anda dapat menentukan kopi asal Nusantara mana yang pengen disiapkan.

1. Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo ialah kopi type Arabika yang udah tenar sampai luar negeri. Sama dengan namanya, kopi ini dibuat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Rasa kopi aceh gayo sangatlah ciri khas serta lebih diminati dibanding kopi arabika yang lain. Aromanya yang tajam serta harum ciri khas juga berubah menjadi faktor banyak yang menggemarinya. Tingkat keasaman-nya juga terendah serta kepahitannya kuat.

2. Kopi Sumatra

Ada tiga kopi Sumatera yang tenar, yakni Kopi Sidikalang, Lintong, serta Mandheling. Ke-tiga kopi ini datang dari Sumatera Utara dengan tempat tanam sesuai sama namanya.

Kopi Sidikalang ialah hasil kopi dari Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Kopi ini ditanam di tanah berbukit serta berlembah dengan ketinggian 1.066 mdpl. Type kopi Sidikalang ialah robusta serta arabika. Kopi Sidikalang dari dahulu sampai saat ini sering dimaksud rajanya kopi di Sumatera.

Kopi dari hasil wilayah Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara ialah kopi type arabika. Rasa-rasanya lebih lembut (mild) tapi berasa kental, aroma yang wangi, serta rasa asam yang ciri khas. Kopi ini sangatlah pas untuk jadikan kopi tubruk atau espresso.

Kopi Mandheling sebagai kopi type Arabika yang ditanam di kira-kira Danau Toba, Sumatera Utara dengan ketinggian 1500 mdpl lebih. Rasa kopi Mandheling ini lembut, asamnya sesuai, manis dengan aroma buah.

3. Kopi Jawa

Kopi type arabika yang datang dari Pulau Jawa ini mempunyai kekhasan citarasa sendiri, lho. Satu diantaranya, ialah kopi yang ditanam di Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Kopi beraroma tipis rempah-rempah serta rasa-rasanya tidaklah terlalu kuat ini pantas anda coba.

4. Kopi Kintamani

Sesuai sama namanya, kopi ini datang dari Kintamani, Bali. Ditanam di wilayah Kintamani yang sejuk membuat citarasa yang berlainan antara kopi Nusantara yang lain. Kopi Arabika Kintamani mempunyai cita rasa buah-buahan yang asam serta fresh. Rasa buah ini berasal sebab kopi ditanam berbarengan dengan pohon buah atau sayur. Diluar itu, rasa-rasanya juga lembut serta tak berat.

5. Kopi Toraja

Kecuali tenar dengan upacara tradisi yang tenar, kopi Toraja juga mendunia. Kopi Toraja dibuat dari pegunungan Toraja, Sulawesi Selatan. Ada dua type kopi yang ditanam di Toraja, Arabika serta Robusta. Ke-2 type kopi Toraja ini saling punya rasa yang kuat dengan aroma earthy serta tingkat keasaman yang tinggi.

6. Kopi Wamena

Pegunungan Wamena, Papua berubah menjadi salah satunya penghasil kopi Nusantara. Type kopi arabika yang ditanam di tempat ini mempunyai ciri-ciri harum di tiap biji kopinya.

Berlainan dengan kopi yang lain, petani tradisionil Wamena menanam kopi tidak dengan pupuk organik atau kimia. Hal demikian membuat rasa kopi yang orisinal, gampang lembut hampir tidak dengan ampas, aroma yang tajam serta tingkat keasaman yang rendah.

Minum kopi kegemaran anda ditemani dengan kue manis sangatlah pas ya. Jadi, pilih kopi dari tempat mana dahulu nih? Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *