5 Tips Menghilangkan Duri pada Ikan Bandeng

Kelezatan daging ikan bandeng memang tak usah dikuatirkan . Dagingnya yang lembut, tebal, dan gurih, membuat gampang diproses berubah menjadi bermacam masakan. Tetapi, ada 1 persoalan yang membuat beberapa orang malas memproduksi ikan bandeng sendiri, yakni durinya yang begitu banyak.

Dalam 1 ekor ikan bandeng, sekurang-kurangnya ada 70 pasang duri. Baik duri besar, ataupun duri halus. Duri-duri ini harus sungguh-sungguh dicampakkan, terpenting kalau anda pingin membuat bandeng bakar utuh, fillet bandeng goreng tepung, nugget bandeng, atau sate bandeng unik Banten.

1. Membersihkan sisiknya lebih dahulu

Bersihkan sisik bandeng harus dilaksanakan pertama-tama. Lantaran bila dilaksanakan kelak sesudah duri tercabut, sisik dapat makin lebih sukar untuk dibikin bersih. Daging ikan bandeng lantas jadi riskan rusak.

Untuk bersihkan sisik, pakai pisau yang cukup tajam. Selanjutnya, gosok searah dari ekor ke kepala. Melakukan berkali-kali sampai ke-2 segi tubuh ikan bersih dari sisik.

2. Iris melebar ikan bandeng dari pangkal ekor, punggung, sampai kepala

Sesudah bersih dari sisik, ikan bandeng dibelah dengan cara melebar serta tak putus, seperti kupu-kupu. Membelahnya tak bisa asal, lho. Harus diawali dari pangkal ekor serta dilanjut dengan menyayat sisi punggung sampai kepala.

Waktu menyayat sisi punggung ikan bandeng, anda butuh waspada. Jangan menyerang serta menyayatnya sangat dalam, lantaran kelak tulang punggung ikan bandeng dapat terpotong. Sayat tipis saja dengan ujung mata pisau, yang penting ikan bandeng terbelah dengan cara melebar.

3. Buang isi perut bandeng serta bersihkan sampai bersih

Hilangkan duri pada ikan bandeng dapat sukar dilaksanakan kalau ikan tak dalam situasi bersih. Oleh karena itu, sesudah sukses terbelah, buang isi perut ikan bandeng berserta kotoran serta insangnya. Selanjutnya, bersihkan ikan bandeng dengan air mengalir kecil untuk bersihkan sisa-sisa darah atau lendir yang masih menempel.

4. Patahkan tulang belakang di bagian ekor serta tarik menuju kepala

Proses hilangkan duri pada ikan bandeng diawali dari tulang belakangnya. Pada tulang punggung ini, telah ada melekat lebih kurang 42 duri ikan bandeng. Patahkan ujung tulang belakang yang terdapat di bagian ekor. Selanjutnya, tarik tulang belakang itu menuju kepala ikan.

Waktu menarik tulang punggung, tekan daging ikan dengan tangan anda biar tak turut terangkat. Yakinkan daging ikan bandeng tak turut terangkat serta berubah menjadi hancur, ya.

5. Cabut sisa-sisa duri dengan gunakan pinset

Duri-duri besar ikan bandeng telah terangkat serta terbuang berbarengan tulang belakang. Bekasnya, tinggal duri-duri halus saja. Tetapi, banyaknya duri halus ini masih lumayan banyak, lebih kurang 40 pasang, sama-sama terpisah serta melekat pada daging ikan. Jadi, untuk hilangkan duri-duri halus itu, anda harus gunakan alat membantu seperti pinset.

Ke-40 pasang duri ini terdapat dibagian perut sejumlah 16 pasang, di dekat kepala 12 pasang, serta di dekat ekor 12 pasang. Cabuti duri satu satu gunakan pinset. Yakinkan anda mendesak perlahan-lahan daging ikan waktu mencabut duri biar tak ada yang turut terangkat. Sesudah duri di 3 sisi itu dicabut , terus raba kembali daging ikan bandeng untuk menegaskan tak ada duri yang ketinggal.

Waktu yang diperlukan untuk bersihkan ikan bandeng dari duri-durinya ini memang cukuplah lama, yakni lebih kurang 30 menit per ekornya. Tetapi, bila telah biasa, ditanggung 10 menit lantas tidaklah sampai, deh!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *