5 Tips Agar Santan Tidak Pecah

Saya jamin tiap-tiap orang tentunya sudah pernah dengar arti “santan pecah”. Arti itu menunjuk pada santan yg menggumpal serta tidak menyatu dengan kuah masakan. Santan yg telah pecah akan tidak berasa gurih, aromanya lantas tidak wangi.

Saya sudah pernah dengar beberapa mitos supaya santan tidak pecah. Diantaranya ialah memasukkan sendok ke masakan sambil diaduk. Bukti atau hoaks? Dibanding tidak sangat percaya, baca saja yuk panduan yg telah teruji serta dapat dibuktikan sukses selanjutnya.

1. Pakai Api Kecil-Sedang

Pakai api kecil sampai tengah bila anda memasak dengan santan. Api yg begitu besar dapat bikin santan cepat pecah. Soal ini disebabkan kuah (air) akan cepat mendidih serta bikin letupan gelembung yg merusak santan.

2. Terus Aduk

Panduan satu ini mungkin telah banyak yang mengetahui. Aduk masakan anda dengan perlahan-lahan serta berkelanjutan. Ingat, pengadukan harus dikerjakan tiada henti supaya santan tidak cepat pecah serta tampak memisah dari kuah.

3. Imbuhkan Tepung Beras

Sebelum dimasukan ke masakan, campur santan dengan dikit tepung beras. Aduk sampai rata serta larut prima. Tersedianya penambahan tepung beras bisa jadikan satu santan dengan kuah masakan anda.

4. Input Santan Encer Lebih Dahulu

Beberapa masakan memakai dua model santan, ialah santan encer serta kental. Input santan encer lebih dulu serta masak berbarengan bumbu serta bahan sampai mendidih. Selanjutnya, imbuhkan santan kental diakhir serta kecilkan api kompor anda. Perlu diingat konsisten sambil diaduk ya.

5. Pakai Santan Instant

Sesuai sama namanya, santan instant bubuk atau cair memang sungguh-sungguh siap gunakan. Santan instant itu telah ditambah bahan penstabil (emusifier). Sehingg,a struktur serta keteraturan santan konsisten konstan disaat di masak.

Saat ini, anda dapat tenang memasak tiada takut santan pecah. Butuh diingat, panduan pertama serta ke-2 yakni peraturan basic yg perlu dikerjakan waktu memasak dengan santan. Yuk coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *