5 Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tetap Sedap

Rasa-rasanya tidak komplet jika tumisan di masak tidak dengan kecap asin. Rasa ciri khas asin-manis yang diberi semestinya tidak sama dengan asinnya garam atau manisnya kecap. Serta buat saya, kecap asin yakni senjata rahasia biar nasi goreng dapat lezat meski dengan bumbu seadanya.

Nah, kalaupun persediaan kecap asin habis, saya rata-rata pakai sejumlah bahan pilihan. Memang tidak persis sama, sebab hakikatnya tiap bahan miliki rasa unik tertentu. Akan tetapi, lebih baik dibanding masakan cemplang, kan? Baca bahan opsinya dibawah ini, ya.

1. Cuka serta Bawang Putih

Bila sungguh-sungguh tidak ada kecap lain, cukup pakai cuka serta bawang putih. Namun, harus rada sabar, ya! Dikarenakan, makan waktu sedikitnya 10 jam buat untuk substitusi kecap asin yang satu ini. Bagian harusnya yakni, larutan ini mempunyai kandungan dikit sodium. Hingga, tidak usah takut akan tekanan darah anda.

Sediakan 2 siung potongan bawang putih, 3 sumber daya manusia bawang merah bubuk, ¾ gelas cuka, serta 3 sumber daya manusia molase (tetes tebu) hitam.

Mulai dengan panasi cuka serta potongan bawang putih dalam panci. Setelah itu, dinginkan serta saran dalam wadah kedap udara. Biarkanlah semalaman (sedikitnya 10 jam).

Pagi harinya, saring larutan sampai jernih. Lalu, campur dengan tersisa bahan lain. Aduk larutan serta taruh dalam almari pendingin biar tahan saat 30 hari.

2. Kecap Inggris

Kecap inggris rata-rata dimanfaatkan buat masakan yang dibakar atau panggang. Kecap ini rasa-rasanya asin-gurih dengan aroma yang ciri khas. Sebab rasa-rasanya yang dikit serupa, kecap inggris pas dimanfaatkan jadi substitusi kecap asin.

Metodenya juga amat simple, hanya butuh campur 8 sendok makan kecap inggris dengan 2 sendok makan air. Aduk sampai larut prima. Revisi rasa-rasanya dengan imbuhkan dikit garam dan merica.

3. Saus Tiram

Terbuat dari tiram yang di masak sampai kental, saus ini miliki rasa gurih serta asin. Meskipun rasa asinnya tidak sama, saus tiram yang ditambah bahan lain dapat berasa serupa kecap asin, lho!

Panasi 8 sendok makan saus tiram dengan 2 sendok makan air, ¼ sendok teh bawang putih bubuk, ¼ sendok teh jahe bubuk, dan garam serta merica seperlunya. Aduk sampai semuanya bumbu larut. Paling akhir, matikan kompor serta saring larutan.

Kecap asin versus saus tiram ini siap dimanfaatkan!

4. Kaldu Sapi Bubuk

Kegurihan kaldu sapi memang tidak usah dikuatirkan. Tetapi, biar serupa dengan kecap asin, butuh bahan penambahan yang bercita rasa asam serta manis. Jadi, sediakan pula molase (tetes tebu) hitam serta cuka apel, ya.

Pertama, campur 1.5 gelas air dengan 4 sendok makan kaldu sapi bubuk, 4 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan molase, ¼ sendok teh jahe bubuk, dan dikit bawang putih bubuk serta merica.

Setelah itu, masak gabungan itu dengan api sedang-besar. Aduk sampai larutan berkurang serta ketinggalan cuma 1 cangkir gelas saja. Taruh larutan dalam almari pendingin serta aduk jika akan dimanfaatkan. Sayangnya, larutan pilihan ini cuma dapat dikonsumsi saat 3-4 hari saja.

5. Kaldu Sayuran Bubuk

Kaldu sayuran memang tidak segurih kaldu sapi, akan tetapi sensasi fresh, enteng serta jernih yang diberi ditanggung tidak ada duanya. Pilihan ini amat pas jika anda satu orang vegetarian serta mau masakan yang rendah sodium.

Campur 1.5 gelas kaldu sayuran, 1.5 gelas air, 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan molase, 1 sendok teh minyak wijen, ¼ jahe bubuk, dan garam serta merica seperlunya.

Lalu, masak gabungan itu sampai berkurang setengahnya. Aduk terus biar bumbu larut. Paling akhir, saran dalam botol kaca bertutup. Taruh larutan dalam almari pendingin biar dapat dikonsumsi lama.

Butuh diingat buat cocokan masakan dengan pilihan bahan yang dimanfaatkan. Umpamanya, gabungan kaldu sapi bubuk semestinya lebih pas buat tumis daging, kan. Nah, saat ini saatnya berkreasi!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *