5 Langkah Mudah Membuat Ketupat Empuk Bagi Pemula

Untuk pemula, membuat ketupat berasa mendebarkan. Bagaimana tak? Bila tidak berhasil, karena itu mesti lagi dari mula . Itu juga bila masih ada waktu. Bila udah minim, mesti mesti beli atau cukup legowo dengan ketupat seadanya.

Biar ketupat empuk serta anti tidak berhasil, ada strategi khusus yang kudu dibarengi. Pastilah simpel ditiru serta diaplikasikan oleh pemula. Mengerti tiap pointnya, ya!

1. Pilih Selongsong Ketupat yang Pas

Pilih selongsong yang rapat, rapi. serta lebar janur yang seragam. Bila renggang, beras dapat berhamburan serta lembek. Tidak hanya itu, pilih anyaman ketupat yang ukurannya sama. Maksudnya supaya ketupat dapat masak rata serta bersamaan.

Baca : 6 Tehnik Menentukan Janur atau Bungkus Anyaman Ketupat yang Baik

2. Sediakan serta Bersihkan Beras

Supaya ketupat empuk, tentukan beras yang pulen seperti rojolele atau pandan wangi. Dikarenakan, beras yang pera umumnya masih tersisa buliran nasi.

Selanjutnya, bersihkan beras sampai betul-betul bersih. Beras yang kotor tambah lebih cepat basi, lho! Sesudah itu, rendam beras saat 30 menit sampai 1 jam.

3. Isi Selongsong Ketupat

Ada 2 langkah pengisian untuk beras yang pulen. Pertama, apabila pingin ketupat lumayan padat, isi ⅔ sisi selongsong. Tapi, untuk ketupat yang lebih lembut, isi ⅗ sisi. Sedang, beras pera cukup isi ⅓ sisi saja.

Ingat, seusai diisi, selongsong mesti dirapatkan kembali. Metodenya, dengan menarik setiap ujung daun. Pelan-pelan jangan lantas berkerut, ya!

Simak juga: Langkah Praktis & Simpel Memasak Ketupat Instant

4. Rebus dalam Air Mendidih

Kala isi selongsong ketupat, didihkan air dalam dandang/panci besar. Isi air sampai lebih kurang semua ketupat terbenang. Lalu, masak air sampai mendidih.

Seusai air mendidih, rebus ketupat saat 4-5 jam dengan api sedang. Lama waktu perebusan bergantung jumlah ketupat serta beras yang diperlukan. Yakinkan semua permukaan ketupat terbenang air, ya! Soalnya, sisi yang tak terbenang akan jadi lembek serta cepat basi.

Anda dapat juga gunakan pressure cooker. Langkah perebusannya sama, yakni kala air udah mendidih. Pressure cooker membantu buat waktu perebusan jadi bertambah cepat, yakni cuma 1-1.5 jam saja.

Kala digodog, cek dengan periodik. Bila air udah berkurang, imbuhkan air dalam panci/pressure cooker. Lalu cek ketupat, metodenya dengan ditusuk lidi atau garpu kecil. Bila padat serta tak lengket bermakna udah masak.

5. Tiriskan Ketupat

Selanjutnya, lap lendir serta tiriskan ketupat. Metodenya, gantung ketupat pada tempat terbuka serta biarkanlah terserang angin. Ketupat yang basah serta berlendir dapat cepat basi. Karena itu, yakinkan tak ada air yang tertinggal!

Benar-benar simpel serta sederhana, kan. Berikan bila pemula dapat juga buat ketupat yang empuk serta enak. Anda juga kian disayang keluarga, deh. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *