3 Tips Memasak Telur Setengah Matang Lumer dan Lezat

Sejak mulai kecil, saya sangatlah sukai telur yang diolah 1/2 masak. Ditambah lagi waktu dipotong, kuning telurnya lumer ke tepi piring. Karena sangat sukanya, hampir sehari-hari saya sarapan telur 1/2 masak serta susu.

Sekarang, waktu dewasa lantas tradisi itu terangkut. Kalaupun buat makanan apa pun, pastinya ingin ditemani telur 1/2 masak. Baik rebus, ataupun goreng. Membuatnya susah-gampang, serta memang riskan tidak berhasil. Supaya sukses, turuti panduan dibawa ini, ya!

1. Telur Bundar 1/2 Masak (Soft Boiled Egg)

Sebagian orang lebih sukai telur bundar yang 1/2 masak. Lantaran, putih telur masih tetap lembut dengan kuning telur yang lumer di. Sesuai disantap waktu sarapan, nih!

Langkah untuknya dengan merebus telur pada air mendidih. Diamkan saat 6 menit, setelah itu angkat serta tiriskan. Butuh jadi perhatian, kalaupun anda masak 3-4 butir pada sebuah panci, jadi butuh penambahan waktu 20-30 detik. Tetapi, kalaupun masak >4 butir dianjurkan buat untuk 2 kali perulangan perebusan.

2. Telur Ceplok Air 1/2 Masak (Poach Egg)

Anda pastinya seringkali dengar makna ‘poach egg’, ialah telur ceplok air 1/2 masak. Memiliki bentuk hampir seperti dengan soft boiled egg, tetapi putih telur di poach egg tidak bulat. Waktu hujan, poach egg sangatlah nikmat disantap bersama dengan mie rebus hangat.

Didihkan air dalam panci dengan api kecil. Lalu, pecahkan telur dalam wadah lebih dahulu supaya kuning telur tidak melebar. Setelah itu, input telur itu pada air mendidih. Diamkan saat 6 menit tiada diaduk. Seusai waktu habis, angkat serta sediakan. Lebih lezat apabila disantap dengan saus tomat, nih.

3. Telur Goreng 1/2 Masak (Over Easy Egg)

Pinggir telur goreng bisanya renyah dengan kuning telur yang padat. Tetapi, kuning telur yang masih 1/2 masak tidak juga kalah enak, lho. Ditambah lagi kalaupun disantap bersama dengan roti panggang. Kian merasa lezatnya!

Pertama, gunakan api kecil buat lelehkan mentega pada wajan anti lengket. Sesudah itu, goreng telur pas di lelehan itu. Nantikan sampai 40 detik, lalu bumbui telur. Setelah itu, goyangkan wajan buat yakinkan telur tidak lengket. Balik telur dalam sekejap serta berhati-hati.

Kalaupun telah teruji, anda dapat balikkan telur melalui langkah dorong serta gertakan wajan ke atas. Telur akan tampil seperti terlempar serta terbalik di udara. Diamkan saat 10 detik, lalu kembali lagi. Telur goreng 1/2 masak lantas siap diberikan!

Nah, supaya sukses sebaiknya anda pakai timer sungguhan. Hal-hal lain yang butuh diingat, bersihkan bersih telur sebelum diolah, ya! Lantaran, ada kemungkinan ada kuman di cangkangnya. Selamat coba!

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *